Sabtu, 06 Januari 2018

Dinilai Ganggu Kekhusyukan Ibadah, Pemerintah Arab Saudi Larang Selfie di Kakbah,Masjidil Haram dan Masjid Nabawi



Bertandang ke Tanah Suci dan menunaikan rukun Islam kelima, tentunya merupakan tujuan hakiki setiap Muslim yang pergi umrah dan haji. Dengan berbagai kemajuan teknologi yang seakan-akan memperpendek jarak dan waktu, perjalanan umrah maupun haji jadi lebih terjangkau dan nyaman dibandingkan zaman nenek moyang kita dulu. Namun bagi sebagian besar orang, perjalanan ke Tanah Suci masih menjadi perjalanan seumur hidup yang tak ternilai harganya. Disamping mengantri bertahun-tahun, banyak yang harus menabung seumur hidup untuk mewujudkan perjalanan impian tersebut.


Makanya sebenarnya tidak aneh kalau siapapun yang berkesempatan menunaikan umrah atau haji di Arab Saudi, pasti ingin mengabadikan momen spesial tersebut. Namun kini hal tersebut jadi perdebatan. Seiring dengan menjamurnya penggunaan smartphone, semakin banyak orang yang ber-selfie di tempat-tempat ibadah di Mekkah maupun Madinah. Ternyata banyak pihak yang merasa tren selfie haji maupun umrah tersebut mengganggu kekhusyukkan ibadah. Nggak tanggung-tanggung, pemerintah Arab Saudi bahkan sampai mengeluarkan larangan resmi untuk tidak ber-selfie di tempat-tempat tersebut.
Susah juga sih kalau sampai mengganggu ibadah, tapi dilematis juga jika benar-benar dilarang untuk buat dokumentasi.

Perdebatan soal selfie di tempat ibadah ini sebenarnya sudah berlangsung beberapa tahun belakangan ini. Kini pemerintah Arab Saudi kembali kirim larangan resmi lewat surat diplomatik.

Sebagaimana dilansir dari Tempo, pada tanggal 12 November 2017 lalu, pemerintah Arab Saudi mengumumkan larangan selfie melalui surat diplomatik yang ditujukan kepada negara sahabat atau negara-negara asal jemaah haji seperti Indonesia. Larangan ini khususnya berlaku di area-area ibadah utama yaitu wilayah Kakbah, Masjidil Haram, dan Masjid Nabawi. Dalam beberapa tahun terakhir, larangan serupa memang sempat diberlakukan dan dicabut kembali sampai pengiriman surat diplomatik kemarin.

Kebijakan ini jelas menuai pro-kontra. Dari hak jemaah untuk mendokumentasikan momen terpenting dalam hidup, tetapi tentu saja kekhusyukkan ibadah tidak boleh terganggu

Kebijakan ini jelas mengundang pro-kontra, baik di dalam negeri Arab Saudi sendiri atau dari kalangan internasional. Disamping menganggu jemaat lain yang mungkin benar-benar ingin secara khusyuk, ber-selfie lalu mengunggah foto-foto ibadah ke berbagai media sosial bahkan oleh beberapa kalangan dianggap merusak kesederhanaan saat berhaji.


Paket Umroh 2018 by travel umroh murah, terbaik dan terpercaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paket Travel Umroh Nooralia

Paket Travel Periode Januari 2018

Jadwal Paket Umroh 2018 Nooralia Haji Umroh Periode Januari 2018

WAKTU BERANGKAT
PROGRAM UMROH
PESAWAT
HARGA
DURASI
KETERANGAN
1
Rabu, 10/01/2018
Paket Umroh 9 hari Promo
Saudi Airlines
18,500,000
9 hari
Direct langsung tidak Transit. Info Lebih Lanjut Program paket umroh 9 hari promo
2
Selasa, 16/01/2018
Paket Umroh Turki + City Tour
Turkish Airlines
22,000,000
10 hari
Direct langsung tidak Transit. Info Lebih Lanjut Program paket umroh turki + city tour
3
Sabtu, 20/01/ 2018
Paket Umroh Murah Plus Turki Promo
Turkish Airlines
20,500,000
10 hari
Direct langsung tidak Transit. Info Lebih Lanjut Program paket umroh murah plus turki promo
4
Rabu, 24/01/ 2018
Umroh Paket Hemat Nooralia
Saudi Airlines
21,500,000
9 hari
Direct langsung tidak Transit. Info Lebih Lanjut Program Paket umroh paket hemat nooralia
5
Selasa, 30/01/ 2018
Paket Umroh Murah Bintang tiga
Saudi Airlines
22,000,000
9 hari
Direct langsung tidak Transit. Info Lebih Lanjut Program paket umroh murah bintang tiga